HAKI Mahasiswa Teknik Otomasi

Sistem Kontrol Penyiraman Tanaman dan Monitoring Temperatur serta Kelembaban Tanah Secara Real Time Berbasis Internet of Things (Smart Farming).

Karya:
I Gede Wahyu Wiranata (NIM. 1715344011),
I Kadek Semarajaya (NIM. 1715344021),
I Kadek Yoga Palguna (NIM . 1715344047),
I Made Prasetya Rahmat Imanuel (NIM: 1715344051)

Deskripsi Produk:

Smart Farming merupakan produk yang dihasilkan oleh mahasiswa bersama dengan dosen Program Studi Teknik Otomasi yang telah diadopsi atau digunakan oleh masyarakat di Dusun Pemuteran, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.

Smart farming sistem merupakan alat penyiram tanaman dengan sistem irigasi  tetes untuk penyiraman tanaman dan pemupukan dengan kontrol melalui smartphone yang dapat beroperasi secara  otomatis pada kebun tanaman alpukat,  pisang clavendis, dan sayuran. Alat ini adalah sebuah inovasi teknologi yang memanfaatkan internet untuk pengoperasiannya melalui smartphone. Sedangkan pasokan tenaga listrik bersumber dari panel surya untuk menyalakan pompa.  , karena sistem ini mampu menghemat air sebanyak 60 % serta menghemat biaya tenaga kerja sebanyak 80 %, dan dapat membuat jadwal penyiraman.

0004

E-Scooter

Karya:
Komang Agus Widyatmika (NIM. 1815344019),
Putu Gede Ika Adistanaya (NIM. 1915344009),
I Putu Juna Aryawan (NIM. 1915344010),
Salman Alfarisi P (NIM: 1815313086),
I Komang Ari Sustrawan (NIM. 1815313005)

Deskripsi Produk:

Jenis transportasi berdasarkan bahan bakar minyak seperti mobil dan motor yang paling banyak dimanfaatkan, akan tetapi dampak negatif yang ditimbulkan seperti asap knalpot membuat polusi udara meningkat, sehingga dapat dikatakan pencemaran lingkungan. Adanya pembuatan E-scooters ini diharapkan membantu sarana transportasi yang ada di Indonesia dengan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan berupa tenaga listrik, sehingga tidak memproduksi asap dan suara bising. E-scooters ini memiliki ke istimewaan yaitu dilengkapi dengan sistem charging parallel otomatis yang akan membuat umur baterai tahan lebih lama dan kunci kontak dengan metode keyless yang membuat E-scooter ini bisa di hidupkan menggunakan kunci remote dari jarak jauh.

0001

Robot Wirayudha

Karya:
I Putu Juna Aryawan (NIM. 1915344010),
Komang Agus Widyatmika (NIM. 1815344019),
I Made Nova Prasetya (NIM 1915313077),
I Gede Palguna Wirajaya (NIM. 1915344041),
Putu Gede Ika Adistanaya (Nim: 1915344009),
I Made Eri Setiadi (Nim: 1915344028), dkk

Deskripsi Produk:

Robot ini merupakan robot pemadam api berkaki dengan servo sebagai penggerak pada kaki-kakinya. Robot Wirayudha ini saat mendengar suara sound activation dengan frekuensi tinggi, robot ini akan memulai misinya, pertama dia akan menulusuri Lorong untuk mencari api, kemudian menghindari boneka dengan bantuan sensor ultrasonic. Lalu robot ini akan masuk ke masing masing room untuk mencari api , dalam pencarian api robot ini dilengkapi dengan sensor uvtron dimana sensor ini akan mendeteksi keberadaan sinar UV yang dihasilkan oleh cahaya api di salah satu room ketika salah satu room tidak ditemukan api maka robot ini akan memutar balik menelusuri api sampai robot ini menemukan salah 1 room yang ada apinya. Ketika robot menemukan posisi api di salah satu room robot akan mengambil posisi yang tepat agar semprotan api tepat mengenai sasaran api, lalu api dipadamkan dengan bantuan pompa air mini bertekanan tinggi, setelah api padam robot akan kembali ke posisi home, dalam menuju perjalanan ke home robot ini dilengkapi sensor kompas yang mana robot ini akan mengetahui arah utara selatan secara presisi, serta dengan bantuan program maze solving yang di proses di Arduino Mega 1280 maka robot ini akan menuju return home atau posisi dimana robot itu di start. Ketika kondisi itu sudah tercapai maka robot akan diam dan kembali ke posisi standby.

0002

Si Cetar (Cermin Pintar) yang Terintegrasi dengan Smart Assitant Berbasis Rasberry Pi dan Voice Command

Karya:
I Gede Wahyu Wiranata (NIM. 1715344011),
I Made Prasetya Rahmat Immanuel (NIM. 1715344051),
I Kadek Angga Aditya Putra (NIM. 1915344019)

Deskripsi Produk:

Si Cetar (Cermin Pintar) merupakan berbagai variasi pada cermin yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk meningkatkan pengalaman seseorang dalam menggunakan cermin. Variasi fitur dari “CETAR” pun sangat banyak, mulai dari koneksi yang dapat tersambung langsung dengan Wi-fi, dilengkapi dengan kamera, dan memiliki fitur face recognition, “CETAR” juga dapat terhubung dengan beberapa aplikasi seperti Youtube dan Spotify. Dengan adanya kamera yang menjadi media untuk mendukung sistem face recognition, maka pengguna akan merasa nyaman dan tenang ketika menggunakannya, hal ini karena “CETAR” menggunakan sistem keamanan melalui deteksi wajah.

Cetar juga memiliki kelebihan pada fitur voice command yang dapat langsung memberikan perintah pada piranti rumah tangga lainnya seperti menyalakan lampu, menyalakan AC, dan lain-lain. Bukan hanya itu, piranti cerdas ini juga dapat menghubungkan pengguna pada aplikasi lain seperti Spotify untuk mendengarkan lagu, Youtube untuk menonton video, semua ini dapat pengguna lakukan hanya dengan memberikan perintah  suara yang ditangkap melalui microphone.

Video yang bersumber pada Youtube, dan lagu yang bersumber dari Spotify akan ditampilkan melalui gambar visual yang akan muncul pada cermin melalui monitor, serta output suara akan dikeluarkan melalui speaker yang terdapat pada cermin.

Fitur-fitur canggih yang dimiliki “CETAR” juga didukung langsung oleh komponen mikrokontroler yang memiliki kemampuan mumpuni seperti Raspberry Pi 3b+, Node MCU, dan menggunakan Google Assitant sebagai basis data informasinya. Produk ini merupakan salah satu hasil karya di bidang teknik otomasi yangdapat digunakan di masyarakat.

0003